InformasiTravel
0

10 Jenis Kura-Kura Yang Dapat Dipelihara

Hewan reptil satu ini memiliki keunikan yang khas karena ciri fisik tubuhnya yang memiliki tempurung. Selain itu hewan ini melakukan mobilisasi dengan sangat lambat, yak kura kura namanya. Ada beragam jenis kura kura yang hidup di bumi ini. Namun ada beberapa spesies yang dilindungi dan tidak boleh untuk dipelihara. Tapi tenang pada artikel Kali ini kami akan memberikan beberapa kura kura yang dapat dipelihara dan diperbolehkan secara hukum. Sehingga dapat dijadikan hewan peliharaan yang menggemaskan untuk anda pelihara di rumah. Berikut ini 10 Jenis kura-kura yang dapat dipelihara di Rumah.

1. Kura-kura Sulcata

Kura-kura Sulcata merupakan jenis kura-kura darat yang dapat dipelihara dengan mudah. Kura – kura Sulcata ini memiliki nama latin Geochelone sulcata. Selain dapat dipelihara dengan minim air kura kura ini di alam liar berumur panjang, bahkan ada yang sampai umur 150 tahun. Makanan Dari kura kura sulcata ini juga mudah, karena kura kura ini herbivora atau pemakan tumbuhan. Harga anakan kura-kura sulcata ini berkisar dari harga 900 ribu sampai 2 juta rupiah.

2.  Kura-kura Red Ear Slider

Kura – kura Red Ear Slider atau yang biasa disebut kura kura Brazil oleh sebagain masyarakat karena kura kura ini sangat popular di Indonesia. Kura-kura ini memiliki perubahan pola makan dari usia muda ke dewasa, dimana yang berubah dari kanrivora menuju herbivora. Kura-kura ini adalah jenis kura kura air tawar yang hidupnya memerlukan air yang cukup. Harga dari kura-kura ini juga cukup murah jadi dapat menjadi kura-kura pertama untuk anda coba pelihara.

3. Kura – kura Leopard

Kura-kura leopard ini merupakan jenis kura kura darat yang tentunya dapat dipelihara oleh siapa saja yang ingin memeliharanya. Kura kura ini memiliki nama latin leopard tortoise. Karena corak tempurung kura kura ini seperti corak macan tutul jadi diberinama kura kura leopard. Kura-kura ini juga sama seperti kura kura sulcata yaitu menyukai suhu yang hangat. Makanan kura-kura ini juga cukup mudah karena herbivora.

4. Kura-Kura Aldabra Tortoise

Aldabra Tortoise adalah kura-kura darat dan masuk dalam kategori jenis herbivora atau pemakan tumbuh–tumbuhan. Kura-kura ini salah satu jenis reptil darat darat terbesar di dunia. Sayangnya harga kura kura ini cukup mahal dimana harga yang ada di online berkisar 15 juta ke-atas, karena cukup sulit untuk di budidayakan. Mempunyai habitat asli di semak belukar, rerumputan serta kayu di hutan bakau, panjang hewan reptil ini dapat mencapai 1,5 m dengan berat 25 kilogram.

5. Kura-Kura Cherry Head

Kura-Kura Cherry Head merupakan jenis reptil yang berasal dari Brazil dan Uruguay. Reptil ini memiliki nama latin Geochelone carbonaria. Jenis kura-kura yang satu ini dapat hidup hingga 50 tahun. Selain itu kura-kura ini juga merupakan kura-kura darat dan termasuk herbivora. Harga kura-kura yag satu ini berkisar dari 1 hingga 2 juta. Kura-kura ini sangat cocok jika anda baru memulai dalam memelihara kura kura darat, selain jenis kura-kura sulcata.

6. Kura-kura Ambon

Kura-kura Ambon merupakan jenis kura-kura asli berasal dari Indonesia. Di mana reptil ini dapat ditemukan di wilayah Ambon, Maluku dan beberapa wilayah di Malaysia dan India juga ada kura-kura dengan jenis serupa. Kura-kura ini merupakan kura-kura air tawar yang artinya hidupnya banyak dihabiskan di area air. Harga kura-kura ini juga tergolong murah yaitu berkisar 80 ribu hingga 400 ribu rupiah. Biasaya kura-kura yang dijual merupakan hasil budidaya jadi sebelum membeli pastikan kepada penjualnya dahulu.

7. Kura-kura Aligator Snapping

Kura-kura Aligator memiliki bentuk yag paling lain daripada yang lain, mengapa demikian? Karena kura-kura ini memiliki Nampak yang menyeramkan, selain itu jenis kura-kura ini memiliki perilaku ang cukup agresif daripada jenis kura kura yang lainnya. Harga jenis kura-kura ini dibanderol mulai dari harga 2 jutaan keatas. Untuk makananya kura-kura ini adalah hewan karnivora.

8. Kura-kura Indian Star Tortoise

Kura-kura Indian Star Tortoise merupakan reptile herbivora yang hidup liar di wilayah di India, Pakistan, dan Sri Lanka. Spesies ini cukup menjadi reptile yang dicari-cari karena memiliki tempurung yang bercorak unik dan cukup susah dalam budidayanya. Tak ayal harga kura-kura jenis ini cukup mahal dimana kura-kura ini dapat dipinang dengan harga mulai 7 jutaan.

9. Kura-kura Matahari

Sesuai dengan Namanya Kura-kura Matahari (kura kura bergerigi) memiliki tempurung yang berbentuk seperti matahariatau bergerigi  yang berasal dari Indonesia. Kura-kura ini adalah reptile ang hidup di perairan tawar. Kura-kura ini adalah jenis omnivora atau dapat makan hewan dan tumbuhan namun makanan utamanya adalah serangga. Anda dapat memiliki kura-kura ini dengan merogoh kantong sebesar 300 ribu-an.

10. Kura-kura Pipi Putih

Jenis kura kura yang terakhir adalah kura-kura pipi putih merupakan jenis kura kura air tawar yang banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan. Kura kura ini banyak tersebar di hampir semua wilayah Asia Tengara. Anda dapat memiliki kura-kura ini dengan mengeluarkan uang mulai dari 100 ribuan. Untuk makanan kura-kura ini adalah ikan, udang, dan beberapa siput kecil (karnivora).

Itulah 10 Jenis kura-kura yang dapat dipelihara di Rumah. Beberapa opsi tersebut dapat anda jadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Pastikan sebelum anda memelihara, riset terdahulu tentang kura-kura yang ingin anda beli dan apa saja keperluannya, supaya kura-kura tersebut dapat tumbuh sehat. Sekian jika ada tambahan silahkan sampaikan melalui kolom komentar. Baca Juga Jurusan Bisnis Digital Di Jogja. Gambar Ilustrasi di ambil dari Pexel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *